Skip to main content

Mengenal Apa Itu EFIN ? Yuk Pelajari Kegunaannya

Apakah Kamu Sudah Memiliki EFIN (Electronic Filling Identification Number)? Itu lho, nomor Khas yang mesti Kamu miliki untuk melaporkan pajak dengan e-filling. Pelaporan pajak per tahun pajak 2016 harus Sudah menggunakan e-filling. Oleh sebab itu Anda harus segera membuat EFIN.

Apa Itu EFIN? Cara Memperoleh EFIN Pajak?
Saat ini misalkan wujud nyata dalam peran serta warga negara dalam pembangunan bangsa yaitu dengan taat membayar pajak. Dalam sistem pemungutan pajak ini, maka warga negara yang taat dimesti kan untuk dapat memperhitungkan, membayar serta melaporkan pajak atas penghasilan yang didapat dalam satu tahun pajak tersebut.
kudu perpajakan setiap tahunnya diakhiri dengan mengharus kan mesti pajak (baik pribadi maupun badan usaha) untuk melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan yang harus dilakukan mesti pajak paling lambat akhir bulan Maret tahun berikutnya untuk mesti pajak pribadi dan akhir bulan April tahun berikutnya bagi kudu pajak badan usaha.
Dengan begitu kita ketahui bahwa meskipun pajak telah dihitung dan dibayarkan oleh mekanisme pemotongan yang dilakukan oleh pihak lain, tetap saja wajib pajak mesti tetap melaporkan pajaknya. Setiap tahunnya orang banyak datang dan mengantri di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) untuk melaporkan pajak tahunannya, dengan melihat keadaan seperti ini maka pemerintah menawarkan cara yang lebih gampang dilakukan mesti pajak dalam melaporkan pajak tahunannya yaitu dengan e-Filling.
Pada pelaporan SPT Tahunan tahun 2015 yang dilaporkan di 2016, pemerintah melalui KPP masing-masing Telah banyak menghimbau dan memperkenalkan pelaporan pajak secara online. Hal tersebut terlihat dengan disediakannya bantuan di KPP untuk membantu para wajib pajak dalam melakukan pelaporan secara online malalui e–Filling.

sekarang ini pemerintah mesti para mesti pajaknya untuk melaporkan pajaknya secara online saja, karena pelaporan melalui e-Filling dirasa gampang untuk dilakukan, selain itu kudu pajak juga tidak usah repot-repot datang ke KPP dan mengantri panjang serta membuang waktu hanya untuk melaporkan pajak tahunannya. Lagipula pelaporan melalui e-Filling juga dirasa aman dan tidak dapat diakses oleh pihak lain. Namun sebelum pada pengisian SPT Tahunan dengan menggunakan e-Filling, kudu pajak di kudukan untuk mendaftarkannya terlebih dahulu dengan mesti memiliki EFIN terlebih dahulu.

Apa itu EFIN Pajak?
EFIN (akronim dari Electronic Filling Identification Number) yaitu nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak agar wajib pajak dapat melakukan transaksionline (misalnya: e-Filling). Dengan adanya EFIN, maka mesti pajak pribadi dapat melaporkan SPT Tahunannya secara online serta aman dan rahasia.

Bagaimana cara Memperoleh EFIN untuk kudu Pajak Pribadi?
sesudah men-download formulir EFIN, maka isilah formulir tersebut pada bagian identitas wajib pajak dikarenakan pengisian ini diperuntukkan bagi kudu pajak pribadi dan kosongkan pada bagian EFIN, isi pula bagian telepon seluler dan alamat email aktif, dikarenakan konfirmasi EFIN akan dikirimkan kepada alamat email terdaftar.
Formulir EFIN tersebut tidak hanya dapat diperoleh melalui internet saja namun formulir EFIN ini dapat diperoleh dengan mesti pajak datang ke KPP terdekat / KPP terdaftar masing-masing mesti pajak dan mintalah formulir ini ke bagian pelayanan.
#2 Ajukan formulir EFIN dan dokumen lainnya yang dibutuhkan ke KPP terdekat
setelah melengkapi formulir tersebut kudu pajak cukup datang ke KPP terdekat untuk Memperoleh EFIN, bagi mereka yang tidak dapat datang sendiri ke KPP untuk meminta EFIN dan diwakilkan oleh orang lain dalam permintaan EFIN-nya, maka kudu pajak tersebut harus membuat surat kuasa dan Anda tangankan diatas materai. Dokumen yang kudu dibawa saat meminta EFIN:
• Formulir EFIN yang telah diisi lengkap dan dit Kalian tangan.
• Alamat email aktif
• Fotokopi dan asli KTP
• Fotokopi dan asli NPWP
• Surat kuasa khusus (bagi wajib pajak yang dalam permintaan EFIN-nya diwakilkan)
Bagi karyawan suatu perusahaan, selain mengajukan EFIN secara pribadi, bisa mengajukan EFIN secara kolektif. Bagi karyawan yang ingin mengajukan EFIN secara kolektif, berikut syaratnya:
• Karyawan yang mengajukan EFIN pajak kudu lebih dari 20 orang.
• Nama karyawan tersebut mesti tercantum dalam SPT PPh 21 di perusahaan tersebut.
• Saat pengaktifan EFIN, karyawan di wajib kan untuk datang dan mengaktifkannya sendiri.

#3 Aktivasi EFIN yang Telah Didapat
sesudah kita memegang kertas EFIN yang didapat dari KPP, maka aktivasilah EFIN tersebut dengan masuk ke djponline.pajak.go.id. setelah berhasil mengaktivasi maka cek email (yang didaftarkan pada formulir permintaan EFIN), karena akan dikirimkan aktivasi dengan password sementara.

Bagaimana cara Mendapatkan EFIN untuk kudu Pajak Badan?
#1 Download dan isi formulir EFIN
Sama halnya dengan wajib pajak pribadi, kudu pajak badan pun memerlukan dalam permintaan EFIN, namun dalam hal mesti pajak badan hanya perlu menunjuk contoh pengurus untuk mewakilkan badan atau perusahaan tersebut dalam Mendapatkan EFIN. Pengurus yang ditunjuk. sesudah itu download formulir EFIN tersebut dan isi lengkap data kudu pajak badan atau perusahaan pada identitas wajib pajak dan isikan identitas wakil dari perusahaan tersebut pada identitas wakil kudu pajak, jangan lupa untuk mengisi telepon seluler dan alamat email aktif, serta tambahkan cap perusahaan sebelum Anda tangani.

#2 Ajukan formulir EFIN dan dokumen lainnya yang dibutuhkan ke KPP Terdekat
Pengurus yang dipilih perusahaan untuk menjadi wakil hanya cukup datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) tempat kudu pajak badan atau perusahaan terdaftar.
Ada beberapa dokumen yang mesti dibawa selain formulir dari EFIN itu sendiri, yaitu:
• Fotokopi dan asli kartu NPWP dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak badan tersebut.
• Fotokopi dan asli kartu NPWP dan SKT pengurus yang ditunjuk sebagai wakil.
• Kartu identitas diri pengurus (KTP)
• Surat kuasa yang menunjukkan pengurus yang mewakilkan mesti pajak badan atau perusahaan tersebut dalam permintaan EFIN-nya.
#3 Aktivasi EFIN yang Didapat
setelah kita memegang kertas EFIN yang didapat dari KPP, maka aktivasilah EFIN tersebut dengan masuk ke djponline.pajak.go.id.
Jangan Lupa Urus EFIN Pajak, Sebelum Masa Pelaporan Pajak
Segera urus EFIN Pajak Kamu , agar pelaporan pajak menjadi lebih gampang. sekarang melaporkan pajak penghasilan individu jauh lebih gampang dengan adanya teknologi. Jangan lupa share atau bagikan informasi ini kepada teman-teman kerja Kamu , agar mereka juga tahu mengenai cara Mendapatkan EFIN dan e-Filling Pajak.

Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghemat Kuota Terkini

Apa saja aplikasi penghemat kuota? Bagaimana cara menghemat kuota data internet?  Di zaman digital sekarang ini, pulsa adalah salah satu kebutuhan primer yang diperlukan oleh masyarakat modern. Banyak orang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk bisa membeli paket internet setiap bulan. Begitupun dengan aktivitasnya, hampir segala aktivitas di smartphone  membutuhkan internet. 5 Aplikasi Penghemat Kuota untuk Pengguna Android Seringkali kita tidak menyadari kuota internet sering habis begitu cepat. Android menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk penghematan terhadap kuota dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Mari kita lihat dan coba untuk aplikasi penghemat kuota berikut ini. #1 My Data Manager Aplikasi  My Data Manager  telah digunakan lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaa...

Emang Nabung Bisa Bikin Kaya? Yuk Bahas di Webinar Finansialku

Apakah sahabat Finansialku tau manfaat dari menabung? Apakah sahabat Finansialku yakin menabung akan membuat kaya?  Yuk kita cari tahu apakah benar menabung akan membuat kita menjadi kaya? Atau malah membuat kita menjadi miskin? Webinar : Emang Nabung Bikin Kaya? Apakah Sahabat Finansialku gemar menabung? Apakah dengan menabung membuat keuangan sehat? Bagaimana perbandingan bunga tabungan dan kenaikan biaya hidup? Materi yang akan Dibahas Apakah sehat menyimpan uang di tabungan? Bagaimana perbandingan bunga tabungan dengan kenaikan biaya hidup? Kemana seharusnya uang tabungan disimpan? Mengapa uang di tabungan berkurang? Memanfaatkan uang tabungan dengan benar. Daftar  Disini  |  webinar finansialku

Contoh CV Yang Bikin Kamu Cepat Kerja

Awali perjalanan karier gemilang Anda dengan mendapatkan apa yang Anda harapkan dengan membuat  Curriculum Vitae  atau CV lamaran kerja yang meyakinkan. Kenapa harus meyakinkan? Bukankah surat lamaran sudah cukup jika ingin meyakinkan pihak perusahaan? Pernyataan itu betul, selain surat lamaran yang meyakinkan pihak  Human Resources Development  atau HRD, CV lamaran kerja juga harus sama meyakinkannya. Jika Anda hanya mempersiapkan surat lamaran yang meyakinkan saja tanpa CV lamaran kerja yang juga sama-sama meyakinkan, ada kemungkinan pihak HRD tidak merekomendasi Anda untuk masuk kerja. Bahkan bisa jadi, langkah awal untuk wawancara saja gagal karena melihat CV lamaran kerja yang tidak cukup meyakinkan. Sebelum menjadi karyawan tetap di perusahaan yang Anda incar, sudahkah Anda berpikir, untuk apa saja  salary  yang akan Anda terima nantinya? Sudahkah Anda merencanakan anggaran Anda? Contoh CV

Another Site