Skip to main content

Cara Membuat CV Terbaru Agar Mudah Diterima Bekerja

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Kantor Yang Diinginkan

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan? Temukan Tips membuat Curriculum Vitaeyang menarik agar dapat memikat perhatian dari pihak HR dari Pemerintahan yang Kamuinginkan melalui artikel dari Tim Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku


Kualitas CV Menentukan Ketertarikan HR
Dalam mencari pekerjaan tentunya diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV).
Tahukah Kamubahwa CV biasanya diminta oleh Perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk memudahkan dalam mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja yang mempunyai relevansi bagian pekerjaan yang dibutuhkan oleh Instansi yang bersangkutan. Selain itu, CV juga digunakan oleh para pelamar kerja untuk menuliskan kemampuan serta kompetensi yang mereka miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Baca Juga: Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja

Melalui CV ini, maka profile dan garis besar kehidupan Kamuakan tercermin se Tips singkat dan tergambarkan di dalamnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda yang menjadi referensi bagi pihak Pemerintahan yang akan mewawan Tips i Anda. Namun demikian, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama dan bahkan tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.
Melalui ulasan berikut ini, mari kita simak bagaimana membuat CV yang baik dan menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati bagian HRD yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki prosedur wawan Trik.

#1 Lakukan Job Research
Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Kamuharus mencari informasi se Trik mendetail tentang Pemerintahan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda. Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang Instansi yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.
Selain itu, Kamujuga perlu mencari tahu segala informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam Instansi tersebut. Melalui berbagai informasi tersebut, Kamudapat menyaring, Perusahaan mana yang akan Kamutuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate

#2 Ketahui Isi CV se Tips Umum
Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para freshgraduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Kamuyang akan Anda cantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Kamuterutama pihak HR yang akan menilai kualitas Kamupertama kali melalui CV tersebut.
Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:
• Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
• Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
• Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
• Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
• Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Kamudapatkan.
• Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
• Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.


Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja

#3 Mulai Membuat CV
Langkah awal dalam membuat CV adalah tentukan desain yang menarik yang akan Anda gunakan. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Kamucari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.
Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi se Trik garis besar pada point 2 di atas adalah
• Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
• Tulis jenjang pendidikan.
• Paparkan seCara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Kamudan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
• Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
• Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Kamudan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Kamudan perhatian khusus bagi pihak pembaca. Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
• Cantumkan informasi tentang diri Kamuyang relevan dengan pekerjaan Kamudan juga referensi dari beberapa orang penting di Instansi , tempat Kamubekerja sebelumnya.

#4 Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV
Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi, tanpa ada tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di websiteinternet.

#5 Analisis CV Anda
Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Kamudapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut. Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus mengesampingkan diri Kamudan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HR yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.
Langkah berikutnya, Kamudapat meminta bantuan teman atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Kamubuat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Kamubuat dan penilaian yang teman Kamubuat. Setelah itu, Anda dapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan.

Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan WawanCara Ini

Awali Langkah Awal dengan Sukses
Langkah-langkah tersebut di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Kamukepada Pemerintahan karena Anda harus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh Perusahaan yang bersangkutan. Awali langkah tersebut dengan membuat CV yang menarik perhatian dari pihak HRD agar Kamudapat masuk ke dalam prosedur selanjutnya. Selamat membuat CV dan mempersiapkan diri untuk wawan Trik!


Sumber : Cara Membuat CV | Finansialku

Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghemat Kuota Terkini

Apa saja aplikasi penghemat kuota? Bagaimana cara menghemat kuota data internet?  Di zaman digital sekarang ini, pulsa adalah salah satu kebutuhan primer yang diperlukan oleh masyarakat modern. Banyak orang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk bisa membeli paket internet setiap bulan. Begitupun dengan aktivitasnya, hampir segala aktivitas di smartphone  membutuhkan internet. 5 Aplikasi Penghemat Kuota untuk Pengguna Android Seringkali kita tidak menyadari kuota internet sering habis begitu cepat. Android menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk penghematan terhadap kuota dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Mari kita lihat dan coba untuk aplikasi penghemat kuota berikut ini. #1 My Data Manager Aplikasi  My Data Manager  telah digunakan lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijaksana agar ti

Kisah Sukses Pendiri Wecare.id yang Cantik

Remaja , cantik, berprestasi, inspiratif dan juga peduli pada sesama . Dialah Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo atau lebih dikenal Mesty Ariotedjo , pendiri Wecare . id. Seorang dokter yang juga berprofesi sebagai model dan pandai bermain dawai-dawai harpa. Dokter Muda Penuh Inovasi Mesty Ariotedjo lahir di Jakarta pada tanggal 25 April 1989. Ayahnya Arie Prabowo Ariotedjo, bekerja sebagai business executive di berbagai perusahaan. Sedangkan ibunya, Arti Laksmigati adalah seorang sosialita terkemuka Indonesia yang sangat setia dengan kerudungnya. Kakeknya, Sri Bima Ariotedjo adalah Duta Besar RI untuk Filipina selama masa kepresidenan Soeharto. Mesty Ariotedjo merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada bulan September 2012. Setelah lulus dia bekerja di bawah Aman Pulungan sebagai associate penelitian di Divisi Endokrinologi, Departemen Pediatrik, Universitas Indonesia, dengan fokus pada studi genetik Pygmies Flores. Dia mengatur 4 komunitas keluarga anak NCD di

Kata Kata Bijak Elon Musk

Patience is a virtue, and I’m learning patience. It’s a tough lesson. Elon Musk ,   CEO SpaceX Bahasa Indonesia Kesabaran adalah kebajikan, dan saya belajar kesabaran. Ini adalah pelajaran yang sulit. Elon Musk Baca  Kata Kata Bijak  Lainnya 

Another Site