Skip to main content

ASKES dan BPJS Kesehatan, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Apakah fasilitas yang disediakan oleh ASKES dan BPJS Kesehatan berbeda? Apakah diperlukan pengalihan dan pendaftaran ulang ke BPJS Kesehatan dan bagaimanakah prosedur penggantian kartunya? Beberapa pertanyaan tersebut akan segera terjawab setelah Anda membaca secara cermat artikel berikut ini yang disajikan oleh Tim Finansialku bagi Anda. Selamat membaca!

kartu askes


Program ASKES

Program jaminan pemeliharaan kesehatan yang dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan (ASKES) yang dikelola oleh PT Askes Persero, hanya dikhususkan untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi kalangan pegawai pemerintah yang meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pejabat Negara, Penerima Pensiun PNS, Penerima Pensiun TNI/Polri, Penerima Pensiun Pejabat Negara, Veteran dan Perintis Kemerdekaan, sehingga hanya pegawai pemerintahan saja yang bisa mendapatkan manfaatnya.

Transformasi ASKES Menjadi BPJS Kesehatan

Terbitnya Undang-undang tersebut tentang BPJS, menyebabkan ASKES dialihkan atau ditransformasi menjadi BPJS Kesehatan, yang mulai beroperasi pada 1 Januari 2014, PT Askes (Persero) dinyatakan bubar tanpa likuidasi. Semua aset dan liabilitas serta hak dan kewajiban hukum PT Askes (Persero) menjadi aset dan liabilitas serta hak dan kewajiban hukum BPJS Kesehatan, dan semua pegawai PT Askes (Persero) menjadi pegawai BPJS Kesehatan.
Setelah transformasi menjadi BPJS Kesehatan selama 2 tahun semenjak peresmiannya pada tanggal 1 Januari 2014, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti secara jelas dan seksama mengenai berbagai informasi berkenaan dengan perubahan program nasional fasilitas kesehatan dari pemerintah yang satu ini.
Sesuai dengan Undang-undang No. 24 Tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan mengumumkan tentang peresmian perubahan ASKES menjadi BPJS Kesehatan dan Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan.
Perubahan tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan di mata masyarakat mengenai program dan fasilitas apa saja yang mengalami perubahan dan berbagai prosedur dalam proses perubahan tersebut.
Program pemerintah dengan sistem gotong royong ini mewajibkan semua warga Indonesia untuk mendaftar menjadi peserta. Khusus bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki kartu ASKES maka secara otomatis telah terdaftar menjadi peserta BPJS. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu lagi mendaftar ke BPJS.
Tahukah Anda bahwa fasilitas pertanggungan hanya meliputi 2 anak saja, namun dalam program transformasinya menjadi BPJS kesehatan, kini pertanggungan anak menjadi 3. Sehingga apabila Anda memiliki 3 anak, maka Anda dapat mendaftarkan anak Anda pada program jaminan kesehatan dari BPJS kesehatan melalui prosedur yang ada.

Prosedur Penambahan Tanggungan dan Penggantian Kartu

Apabila Anda ingin mendaftarkan anak Anda yang ketiga untuk masuk dalam anggota tertanggung BPJS Kesehatan, Anda perlu melakukan beberapa prosedur yang terbilang tidak sulit. Anda hanya perlu memenuhi berbagai syarat diantaranya mengisi formulir yang disediakan oleh kantor BPJS Kesehatan setempat, melampirkan fotokopi Akta Kelahiran anak Anda, fotokopi Model C dari instansi, fotokopi Kartu Keluarga dan Slip Gaji beserta pas photo anak Anda dengan ukuran 3×4. Jangan lupa untuk membawa Kartu Keanggotaan ASKES Anda juga saat menyerahkan berbagai persyaratan tersebut.
Sebetulnya kartu ASKES yang Anda miliki masih dapat difungsikan sebagai kartu BPJS apabila sewaktu-waktu Anda harus dirawat dan mengharuskan menjalani proses pengobatan. Tetapi Anda tetap harus mengganti kartu Anda menjadi kartu BPJS. Saat ini proses penggantian kartu ke kartu BPJS Kesehatan akan dilakukan secara bertahap, namun saat ini masih diprioritaskan untuk TNI dan Polri.
Kelak dalam proses penggantian kartu menjadi Kartu BPJS Kesehatan, Anda hanya perlu mengembalikan kartu sebelumnya dan menunjukkan KTP (diutamakan e-KTP) Anda ke kantor BPJS Kesehatan terdekat sesuai domisili, sehingga Anda akan mendapatkan kartu BPJS Anda.

Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghemat Kuota Terkini

Apa saja aplikasi penghemat kuota? Bagaimana cara menghemat kuota data internet?  Di zaman digital sekarang ini, pulsa adalah salah satu kebutuhan primer yang diperlukan oleh masyarakat modern. Banyak orang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk bisa membeli paket internet setiap bulan. Begitupun dengan aktivitasnya, hampir segala aktivitas di smartphone  membutuhkan internet. 5 Aplikasi Penghemat Kuota untuk Pengguna Android Seringkali kita tidak menyadari kuota internet sering habis begitu cepat. Android menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk penghematan terhadap kuota dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Mari kita lihat dan coba untuk aplikasi penghemat kuota berikut ini. #1 My Data Manager Aplikasi  My Data Manager  telah digunakan lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijaksana agar ti

Kisah Sukses Pendiri Wecare.id yang Cantik

Remaja , cantik, berprestasi, inspiratif dan juga peduli pada sesama . Dialah Dwi Lestari Pramesti Ariotedjo atau lebih dikenal Mesty Ariotedjo , pendiri Wecare . id. Seorang dokter yang juga berprofesi sebagai model dan pandai bermain dawai-dawai harpa. Dokter Muda Penuh Inovasi Mesty Ariotedjo lahir di Jakarta pada tanggal 25 April 1989. Ayahnya Arie Prabowo Ariotedjo, bekerja sebagai business executive di berbagai perusahaan. Sedangkan ibunya, Arti Laksmigati adalah seorang sosialita terkemuka Indonesia yang sangat setia dengan kerudungnya. Kakeknya, Sri Bima Ariotedjo adalah Duta Besar RI untuk Filipina selama masa kepresidenan Soeharto. Mesty Ariotedjo merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada bulan September 2012. Setelah lulus dia bekerja di bawah Aman Pulungan sebagai associate penelitian di Divisi Endokrinologi, Departemen Pediatrik, Universitas Indonesia, dengan fokus pada studi genetik Pygmies Flores. Dia mengatur 4 komunitas keluarga anak NCD di

Kata Kata Bijak Elon Musk

Patience is a virtue, and I’m learning patience. It’s a tough lesson. Elon Musk ,   CEO SpaceX Bahasa Indonesia Kesabaran adalah kebajikan, dan saya belajar kesabaran. Ini adalah pelajaran yang sulit. Elon Musk Baca  Kata Kata Bijak  Lainnya 

Another Site